Sejarah MOBA, Genre yang Berasal dari Game “Perang Robot”

Ilustrasi pemain e-sports memainkan game MOBA.

Play On Game – Dota 2, League of Legends, Mobile Legends, Honor of Kings, dan sejenisnya merupakan game-game kompetitif populer dengan genre multiplayer online battle arena (MOBA).

MOBA sendiri sebenarnya merupakan sub-genre dari game real time strategy (RTS), game yang menuntut pemain merancang strategi dan taktik untuk memenangkan suatu pertandingan di game tersebut.

Saat ini, semua game dengan genre MOBA memiliki mekanisme permainan (gameplay) yang sama, di mana seorang pemain akan bergabung dengan satu tim (biasanya berisi lima pemain) dengan misi utama menghancurkan markas pertahanan tim lawan.

Di berbagai game tersebut, pemain bisa memilih satu dari sekian banyak karakter (hero) untuk memperbesar kemungkinan mereka memenangkan pertandingan.

Namun, tahukah Anda bahwa game bertipe MOBA dahulunya bukan seperti game zaman sekarang (lima lawan lima), melainkan terinspirasi dari game perang robot?

Berawal dari game perang robot

Ilustrasi game Herzog Zwei.
Lihat Foto Ilustrasi game Herzog Zwei.(EsportsResults.com)

Sejarah game MOBA berawal dari era 1980-an, tepatnya ketika game buatan Sega untuk konsol Mega Drive/Genesis, yang memiliki judul Herzog Zwei, populer di tahun 1989. Herzog Zwei tidak disebut sebagai MOBA oleh banyak orang.

Namun, game ini memiliki formula yang mirip dengan game MOBA masa kini, di mana pemain mengontrol robot yang bisa menjadi pesawat dalam sebuah tim.

Misi pemain di game ini adalah berperang dengan robot yang berada di tim lainnya, sekaligus menghancurkan markas mereka untuk mendapatkan kemenangan. Di dalam game, robot pemain bisa berubah menjadi pesawat untuk meningkatkan mobilitas.

Satu game lainnya yang dianggap sebagai awal mula game dengan genre MOBA adalah Future Cop: LAPD pada tahun 1998. Game ini tersedia di konsol PlayStation 1 (PS1) dan PC (Windows/MacOS).

gameplay future cop: lapd.
gameplay future cop: lapd.(EsportsResults.com)

Game ini memungkinkan pemain berperan sebagai robot polisi yang membasmi robot-robot jahat. Future Cop: LAPD memiliki satu mode bernama “Precinct Assault”.

Mode ini digadang-gadang sebagai pelopor dari game dengan genre MOBA, lantaran pemain akan berperan sebagai robot polisi yang memiliki misi menghancurkan robot musuh dan markasnya.

Bahkan, mode ini memiliki fitur online (khusus Windows), sehingga acapkali disebut sebagai game MOBA murni pertama yang punya fitur sempurna. Saat ini, MOBA sendiri memang berjenis game online, karena huruf “O” di nama genre itu adalah kepanjangan dari online.

Meski Herzog Zwei dan Future Cop: LAPD memiliki gameplay dan fitur yang sedikit berbeda, kedua game ini sama-sama merupakan game perang robot yang memiliki esensi dairi game dengan genre MOBA modern.

StarCraft jadi pionir MOBA modern

Ilustrasi peta Aeon of Strife di StarCraft.
Lihat Foto Ilustrasi peta Aeon of Strife di StarCraft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *